Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Universitas di Indonesia Masuk Kategori Universitas Terbaik di Dunia Versi Webometrics

Lembaga pemeringkat perguruan tinggi Webometrics mengeluarkan daftar universitas terbaik di Asia Tenggara dan di dunia.

Universitas di Indonesia membuktikan kualitas mereka tidak kalah bagus dengan deretan universitas-universitas ternama lainnya di dunia. Hasilnya, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Webometrics untuk edisi Januari 2015, Universitas Gadjah Mada menempati urutan ke-9 dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara. Di urutan ke-13 ditempati oleh Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung di peringkat 15 dan Universitas Brawijaya di peringkat ke-16.

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSDI) UGM, Widyawan mengatakan bahwa peringkat Universitas Gadjah Mada dalam 3 tahun terakhir selalu berada pada posisi pertama di Indonesia.  

Meskipun demikian, peringkat dunia UGM dalam Webometrics mengalami naik turun. Menurut Widyawan, hal tersebut disebabkan perkembangan dari posisi peringkat 23 ribu perguruan tinggi lain yang disurvei oleh Webometrics. Diketahui sebelumnya pada Juli 2014 lalu, Webometrics menempatkan UGM dalam peringkat ke-414 universitas terbaik dunia.

"Peringkat rangking dunia UGM memang belum stabil, UGM pernah di posisi 400-an, 500-an dan 600-an," kata Widyawan. "Ada naik turun. Ini menjadi pekerjaan rumah buat kita." Ia pun menambahkan peringkat versi Webometrics ini mendorong perguruan tinggi di seluruh dunia berlomba-lomba dalam menyediakan konten yang semakin baik dan berkualitas.




 

Posting Komentar untuk "4 Universitas di Indonesia Masuk Kategori Universitas Terbaik di Dunia Versi Webometrics"