Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makan Ikan bisa Menyehatkan Otak

IKAN adalah salah satu daging yang dianggap paling menyehatkan, terutama karena sedikitnya kandungan lemak yang terdapat di dalamnya. Kandungan nutrisi pada ikan dapat ditemukan hampir pada semua bagiannya, seperti daging hingga minyak.

Namun studi baru menemukan bahwa mengkonsumsi ikan yang diolah dalam bentuk apapun sedikitnya sekali seminggu baik ternyata sangat baik untuk otak, tidak peduli berapa banyak kandungan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 yang terdapat pada minyak ikan, membantu menghentikan pembuluh darah kecil dari pendarahan ke dalam belakang mata.

Temuan ini penting karena kerusakan darah di belakang retina mata dapat menyebakan seseorang kehilangan penglihatan, termasuk banyak kasus degenerasi makula terkait usia (AMD), penyebab paling umum kebutaan pada orang tua.

"Lemak ikan tampaknya memiliki peran penting dalam kesehatan mata, tetapi tidak diketahui apakah hanya mengkonsumsi suplemen omega-3 saja cukup untuk menyelamatkan penglihatan," kata peneliti Dr. Kip Connor, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (9/9).

Penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan memiliki volume otak yang lebih besar di daerah-daerah yang berhubungan dengan memori dan kognisi. Temuan ini menambah bukti yang berkembang bahwa faktor gaya hidup, seperti diet, memberikan kontribusi untuk kesehatan otak di kemudian hari.(fny/jpnn)

Posting Komentar untuk "Makan Ikan bisa Menyehatkan Otak"