Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Untuk Cegah Kantong Bolong Menjelang Lebaran

mohhammadnoer.com - Pertengahan bulan Ramadan seperti ini, biasanya dompet sudah mulai menipis. Gara-gara pengeluaran yang overbudget selama bulan puasa, THR belum turun, tetapi gaji dan uang kiriman ortu sudah terancam minus. Kalau begini caranya, budget buat lebaran bisa habis duluan.

Yuk, kita disiplinkan lagi pengeluaran selama sisa bulan puasa, agar gaji dan THR tetap selamat sampai Idul Fitri tiba. Simak tips-tips berikut, ya.

1. Atur budget

Stop pengeluaran impulsif yang sudah kamu lakukan sejak awal Ramadan kemarin. Atur kembali anggaran pengeluaranmu dengan cermat.

Hitung satu per satu rencana pengeluaran yang tidak bisa dieliminasi dan pangkas semua pengeluaran tidak perlu. Sesuaikan dengan sisa dana di tangan.

2. Waspadai sale

Semakin mendekati Idul Fitri, department store dan online shop bakal mencuri perhatianmu dengan sale dan diskon habis-habisan.

Nggak masalah, kok, kalau kamu beli satu atau dua potong baju buat lebaran. Tapi jangan sampai gelap mata, ya. Beli secukupnya.

3. Usahakan masak sendiri

Menyiapkan sendiri makanan untuk sahur dan berbuka bisa menjadi solusi ampuh untuk berhemat. Beli bahan-bahan makanan yang terjangkau. Kalau kamu belanja bahan makanan yang mewah di supermarket, ujung-ujungnya pengeluaran buat makan sehari-hari tetap membengkak.

4. Beli takjil secukupnya

Ini yang paling sering bikin kantong anak kos dan karyawan kebobolan. Lapar mata pas lewat pasar takjil setelah pulang kantor/kampus. Akhirnya jadi borong takjil, padahal tidak semua termakan.

5. Selektif terima ajakan buka bareng

Semakin mendekati lebaran, mendadak banyak ajakan buka bersama. Mulai dari buka bareng teman kantor, kuliah, SMA, sampai SMP pun ada. Tidak perlu didatangi semuanya. Pilih yang paling penting buat kamu.

Sumber: merdeka

Posting Komentar untuk "Tips Untuk Cegah Kantong Bolong Menjelang Lebaran"