Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu Kisah Hebat Duke Kahanamoku, Sufer Legendaris di Google Hari Ini

mohhammadnoer.com - Hari ini, tanggal 24 Agustus 2015, Google memperingati hari kelahiran Duke Kahanamoku yang ke-125. Siapa dia?

Nama Kahanamoku mungkin masih awam di telinga orang Indonesia, maklum saja sebab olahraga yang 'dilahirkan' oleh Kahanamoku adalah selancar atau surfing. Kahanamoku tercatat sebagai surfer legendaris asal Hawaii yang juga pernah mencicipi medali emas cabang renang di Olimpiade.

Kahanamoku bahkan tidak hanya sekali, tetapi lima kali menyabet gelar tersebut. Pria yang meninggal di tahun 1968 akibat serangan jantung itu juga dikenal sebagai sosok yang membuat surfing bisa sepopuler sekarang.

Selain kisah hebat tersebut, Kahanamoku yang muncul di Google Doodle buatan Matt Cruickshanks hari ini itu masih mempunyai banyak kisah hebat lain. Berikut ulasannya.

1.Dikenal sebagai Raja Renang
Sejak muda, Kahanamoku sudah menunjukkan talenta hebatnya. Terbukti, di umur 20an atau tepatnya pada tahun 1911, dia sukses memecahkan 3 rekor dunia renang gaya bebas. Padahal saat itu adalah kali pertama dia ikut kompetisi resmi tingkat dunia.

Setelah itu, Kahanamoku menjadi tim perenang olimpiade Amerika di tahun 1912. Salah satu tekniknya yang terkenal adalah 'Tendangan Kahanamoku' yang membuatnya memecahkan rekor waktu di renang 100 meter gaya bebas saat Olimpiade Stockholm.
 

2. Jadi superhero di tahun 1925
Di samping surfer, Kahanamoku ternyata pernah menjadi seorang tentara, sampai polisi di Honolulu, Hawaii. Mungkin berkat segudang pengalamannya itu lah Kahanamoku mampu melakukan penyelamatan heroik di tahun 1925 saat dia berumur 34 tahun.

Kahanamoku sedang asyik berselancar ketika sebuah kapal nelayan tenggelam akibat hantaman ombak tidak jauh dari posisinya. Bersama dua orang temannya, Kahanamoku langsung melakukan penyelamatan.

Seorang diri, Kahanamoku berhasil menyelamatkan 8 orang nelayan dari 12 nelayan yang berhasil dibawa ke daratan. Oleh media Honolulu, aksi penyelamatan itu disebut sebagai 'aksi hebat manusia super'.

3. Sosok 'penemu' surfing
Bagi orang Amerika, Kahanamoku banyak disebut sebagai penemu surfing. Meskipun tidak benar-benar menemukan olahraga air ini, Kahanamoku lah yang mempunyai andil terbesar memperkenalkan surfing di Amerika.

Berbekal kepopuleranya di dunia renang, Kahanamoku dengan mudah menyebarkan 'virus' surfing ke berbagai pantai Amerika, bahkan hingga sampai ke Australia dan Selandia Baru. Sosoknya juga mudah dikenali dengan papan surfing raksasanya.


4. Pahlawan Hawaii
Sekarang Hawaii sudah termasuk dalam negara bagian di Amerika, dan hal itu tidak lepas dari peran Kahanamoku. Sebagai seorang peselancar, tentara, dan politisi, pria yang terkenal dengan senyum khasnya itu berhasil membawa budaya Hawaii ke Amerika.

Bahkan, Kahanamoku juga diplot sebagai 'ambassador' dari Hawaii yang bertugas memperkenalkan pulau eksotis itu ke dunia. Berkat semua hal itu, akhirnya pemerintah Amerika menjadikan Hawaii sebagai negara bagian di tahun 1959.

Sebagai ucapan terima kasih, pemerintah Hawaii membangun sebuah patung tembaga dari Kahanamoku di Wakiki.

Sumber: Google Doodle, Wikipedia


Posting Komentar untuk "Cari Tahu Kisah Hebat Duke Kahanamoku, Sufer Legendaris di Google Hari Ini"