Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masuk Zona Orange, Masjid Agung Islamic Center Rohul Tetap Gelar Salat Id


BERITAPEKANBARU.NET-Meski berada di zona orange, Masjid Agung Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu tetap melaksanakan Salat Id pada hari Raya Iduladha 1442 H yang akan digelar Selasa (20/7/2021) besok.

Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu sendiri berada di Desa Pematang berangan Kecamatan Rambah yang menjadi salah satu desa zona orange dengan tingkat penularan Covid-19 kategori sedang.

Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Islamic Center Rohul Abdul Haris mengatakan, pelaksanaan Salat Id di Masjid Agung Islamic Center Rohul hanya akan diikuti oleh kalangan terbatas seperti Pengurus, jamaah tetap dan warga di sekitar Islamic.

"Tidak dibuka untuk umum tapi hanya untuk Pengurus, jamaah tetap dan warga sekitar Islamic Center," cakap Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Islamic Center Rohul Abdul Haris kepada CAKAPLAH.COM, Senin (19/7/2021).

Sekda Rohul itu menambahkan, pelaksanaan salat id akan menerapkan prokes sesuai yang diinstruksikan pemerintah. Dimana setiap jamaah akan dicek suhu tubuhnya, mengambil Wudhu sebelum masuk masjid dan membawa perlengkapan ibadah sendiri.

"Jamaah wajib memakai masker, panitia juga sudah mempersiapkan Protkes 5 M dan penjarakkan shaf sehingga tidak saling berdempetan" ujar Sekda.

Pelaksanaan Sholat Id sendiri akan dilaksanakan mulai Pukul 7.30 WIB dimana Khutbah Salat id paling lama hanya akan berlangsung selama 10 menit dan bacaan salat hanya bacaan ayat-ayat pendek. "Paling lama 7.50 WIB Salat id sudah selesai," ujar Sekda.

Sementara Penyembelihan hewan kurban akan dilakukan 1 hari setelah Hari Raya Iduladha yakni mulai tanggal 11, 12 hingga 13 Juli 2021. Tujuannya agar tidak menimbulkan kerumunan warga pada saat penyembelihan hewan kurban.

Menurut Haris saat ini di Masjid Agung Islamic Center Rohul sudah ada sebanyak 72 hewan kurban sebagian besar sudah didistribusikan ke masjid lain yang tidak memotong hewan kurban.***





Sumber : cakaplah.com

Posting Komentar untuk "Masuk Zona Orange, Masjid Agung Islamic Center Rohul Tetap Gelar Salat Id"