Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PPKM Level 4 di Kabupaten/Kota Berakhir Hari Ini, Lanjut atau Tidak?


BERITAPEKANBARU.NET-Kasus harian terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau dalam sepekan ini mengalami penurunan di bawah angka 1.000. Dimana sebelumnya sempat diatas 1.000 kasus, bahkan 2.000 kasus lebih.

Begitu juga dengan Bed Occupancy Rate (BOR) mengalami penurunan seiring dengan jumlah kasus menurun.

Penurunan kasus tersebut tak lepas dengan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Rokan Hulu dan Kuantan Singingi. Termasuk pelaksanaan PPKM level 3 di delapan kabupaten lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, dalam sepakan ini kasus terkonfirmasi Covid-19 di Bumi Lancang Kuning mengalami penurunan.

"Alhamdulillah kasus terkonfirmasi positif dalam beberapa hari terakhiri ini menurun. Tapi jangan terlalu senang dengan penurunan ini, karena masih fluktuatif. Mudah-mudahan kasus ini akan terus menurun seterusnya. Karena itu masyarakat jangan lengah dengan penurunan kasus ini," kata Mimi Nazir, Ahad (22/8/2021).

Mimi menjelaskan, saat ini positive rate juga jauh menurun jika dibandingkan seminggu yang lalu. Dimana positive rate berada di angka 12 persen, sebelumnya positive rate mencapai 20 persen.

"Penurunan ini dapat dilihat dari sample swab yang masuk hasil pemeriksaan cukup tinggi diatas 4.000 sample, dengan hasil kasus positif 500 kasus. Kalau sample yang diperiksa sedikit berarti positive ratenya tidak turun. Nah, sekarang pemeriksaan sudah sangat menurun hasilnya dari sample yang masuk, positive rate 12 persen. Bisa jadi penurunan kasus ini karena dari faktor penyekatan, pemeriksaan isolasi yang benar, dan kedisiplinan masyarakat dengan penerapan PPKM," terangnya.

Sementara itu, terkait dengan akan habisnya masa PPKM Level 4 untuk empat kabupaten/kota pada, Senin (23/8/2021), Mimi menyatakan semua keputusan ada pada pemerintah pusat. Sebab menurutnya, Pemprov dan kabupaten/kota lainnya menunggu keputusan pusat. Namun melihat dari kasus yang mulai turun termasuk positive rate, diperkirakan Riau akan turun level.

"PPKM diperpanjang atau tidak itu hasil penilaian dari pemerintah pusat, keputusan di pusat. Apakah turun atau tidak. Bisa jadi turun level, indikatornya sudah cukup baik, tambahan aksus harian menurun, BOR menurun, kasus aktif menurun. Dari satu sisi kita memperhatikan kesehatan masyarakat, satu sisi lagi kita memperhatikan ekonomi rakyat," jelasnya.

"Kalau memang jadi turun level, yang terpenting sepanjang masyarakat protokol kesehatannya bagus akan lebih baik. Kalau bisa ditingkatkan lagi, pakai masker kalau perlu dua lapis, hindari kerumunan, selalu mencuci tangan, dan kurangi mobilisasi ketempat yang mengundang keramaian. Karena kita harus tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 ini, prokes dapat memutus mata rantai Covid-19 di Riau," cakapnya.***

Posting Komentar untuk "PPKM Level 4 di Kabupaten/Kota Berakhir Hari Ini, Lanjut atau Tidak?"