Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman Diluncurkan


BERITAPEKANBARU.NET- Di era revolusi industri 4.0, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah memiliki berbagai macam layanan publik. Seluruh layanan tesebut kini terintegrasi secara digital dan dapat diakses melalui aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman yang baru saja diluncurkan.

Peluncuran aplikasi ini adalah bentuk inovasi Pemko Pekanbaru dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik secara digital, maka Pemko melalui Diskominfo Kota Pekanbaru menyiapkan sistem informasi dan layanan digital terintegrasi yang disebut dengan Pekanbaru Dalam Genggaman.

Sistem informasi ini dibentuk, agar masyarakat tidak perlu banyak mengunduh berbagai aplikasi dari tiap OPD. Cukup dengan satu sistem aplikasi, masyarakat dapat menjangkau seluruh aplikasi layanan yang ada di Pemko Pekanbaru.

Sistem informasi dan layanan terintegrasi Pekanbaru Dalam Genggaman adalah suatu sistem informasi yang menghimpun seluruh aplikasi layanan dan informasi publik yang ada di jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru.

Sistem ini memudahkan seluruh kalangan masyarakat, terutama masyarakat Kota Pekanbaru, masyarakat Provinsi Riau, maupun nasional untuk mengakses informasi atau mendapatkan layanan dari Pemerintah Kota Pekanbaru.

Layanan yang tertuang dalam aplikasi ini meliputi urusan perizinan, nonperizinan, pengurusan identitas kependudukan, informasi investasi, ekonomi, perpajakan, retribusi, pendidikan, perdagangan, kesehatan, kepariwisataan hingga urusan kepegawaian.

Kemudian ada juga CCTV Kota Pekanbaru, dan informasi publik yang semuanya itu bisa diakses dari satu sistem Informasi dan layanan digital berbasis website dan android, dan internasional yang terkoneksi ke portal resmi Pemerintah Kota Pekanbaru www.Pekanbaru.go.id.

Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya terhadap layanan publik secara digital yang diberi nama Pekanbaru Dalam Genggaman.

Firdaus menjelaskan, bahwa ini merupakan rencana aksi perubahan, dalam sistem informasi dan layanan digital terintegrasi. "Dukungan dan apresiasi saya sampaikan, mengingat perubahan ini akan memberikan manfaat yang sangat positif," kata Firdaus, Ahad (5/9).

Menurutnya, manfaat positif dari yang diberikan dalam bentuk meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Pekanbaru terhadap layanan kepada masyarakat. Ini juga menjadi salah satu inovasi daerah Kota Pekanbaru dalam penyelenggaraan pelayanan informasi publik berbasiskan elektronik.

Layanan ini juga salah satu bentuk dukungan dan upaya dalam mewujudkan visi kepala daerah, mewujudkan Pekanbaru Smart City Madani. "Sukses selalu, dan jangan pernah berhenti berinovasi," ulas Firdaus.

Kepala Diskominfo Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra menyebut, aplikasi Pekanbaru dalam Genggaman memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai informasi dan layanan di Kota Pekanbaru.

"Awalnya, Pekanbaru dalam Genggaman merupakan salah satu output dari aksi perubahan Kabid PLIKP Diksominfo Pekanbaru, Mawardi pada Diklat Pimpinan III Administrator. Kami sangat mendukung aksi perubahan yang dilakukan beliau ini," ungkapnya.

Nantinya, aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman akan menjadi sebuah inovasi daerah. Hal ini tidak terlepas berkat dukungan dari Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekretaris Daerah, beserta tenaga IT yang ada pada Kominfo Pekanbaru.

Masyarakat bisa men-download di app playstore. Ketikan di kolom pencarian “Pekanbaru Dalam Genggaman" kemudian unduh dan anda bisa masuk ke segala bidang pelayanan, baik kependudukan, seperti KTP, KK, KTP rusak, akte kelahiran dan pernikahan.

Begitu juga dalam hal perpajakan, masyarakat dapat mengakses informasi pajak melalui smart pajak. Lalu urusan kepegawaian dapat mengakses informasi pegawai dari sinergi atau simpeg. Layanan Dinas Perhubungan atau rekomendasi perhubungan.

"Bisa melihat CCTV sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru, wisata, peluang investasi, lowongan pekerjaan dari Disnaker, termasuk memantau aktivitas pendidikan dan kesehatan di Kota Pekanbaru. Semuanya bisa diakses dalam Pekanbaru Dalam Genggaman," paparnya.

Kabid Pengelolaan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik (PLIKP), Mawardi SAg menyebut, bahwa sistem informasi digital terintegrasi ini merupakan upaya dari pemerintah menjadikan semua layanan publik menjadi satu pintu atau satu kali akses.

Aplikasi ini mulai diluncurkan di 2 September 2021. Manfaat dari sistem informasi dan layanan digital terintegrasi Pekanbaru dalam Genggaman ini dikatakan Mawardi, seluruh sistem informasi dalam satu tempat akan terintegrasi, dan akan membentuk jaringan kerja sama yang saling melengkapi antar stakeholder.***

Posting Komentar untuk "Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman Diluncurkan"