Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedagang di Pekanbaru Gelar Aksi Imbas PPKM, Polisi Ingatkan Mediasi


BERITAPEKANBARU.NET-Puluhan pedagang Sukaramai Trade Center (STC) di Pekanbaru kembali menggelar aksi protes. Mereka menutup gerai jualan akibat tagihan dari pengelola setelah terkena dampak PPKM.
Aksi penutup dilakukan para pedagang di STC Pekanbaru hari ini, Rabu (8/9/2021) siang. Terlihat semua gerai jualan ditutup sebagai bentuk protes pembayaran service charge yang diminta penuh oleh pengelola.

"Kami minta turun service charge, maka kami tutup semua toko. Ini kesepakatan orang pengelola dengan pedagang kurang pas," terang seorang pedagang, Anjar, kepada wartawan.

Anjar mengaku sudah sejak sebulan toko jualan mereka di STC tutup akibat PPKM sehingga selama sebulan pedagang tidak ada pendapatan.

"Selama ini kan tutup, jadi satu bulan ini operasional tatap jalan, itu kan tanggung jawab pengelola. Sementara kami tidak jualan," katanya.

Ia menilai, jika pengelola meminta service charge 50 persen tidak keberatan. Namun, jika service charge penuh, pedagang menolak dan keberatan.

"Kami bersedia bayar, tapi ada keringanan dong. Kalau Rp 1 juta kami bayar Rp 500 ribu itu tidak masalah, kalau full temu kita keberatan, karena kami juga tidak jualan," katanya.

Kapolsek Pekanbaru Kota AKP Josina Lambiobir mengatakan aksi dilakukan pedagang terkait operasional. Ia minta pedagang STC tidak berkerumun saat menyampaikan aspirasi.

"Para pedagang ini melakukan unjuk rasa, masalah operasional di STC. Jadi saya sampaikan kepada pihak STC apabila ada masalah untuk dikomunikasikan dengan baik, jangan sampai timbulkan kerumunan dan klaster baru," kata Josina.

Ia meminta pengelola dan pedagang STC bertemu sehingga masalah yang dikeluhkan pedagang dapat terpecahkan.

"Apabila ada masalah selesaikan baik-baik, bila ada masalah silahkan dipertemukan di ruang yang ada untuk kita mediasikan agar tidak timbul masalah baru," katanya.

Sebelumnya, puluhan pedagang STC juga pernah mengibarkan bendera putih tanda menyerah menghadapi PPKM level 4 yang diperpanjang. Aksi dilakukan untuk memprotes perpanjangan PPKM yang dilakukan pada 10 Agustus lalu.

Pengibaran bendera putih sebagai isyarat menyerah dikibarkan di halaman STC. Ada juga spanduk protes bertulisan 'PPKM = Pelan-pelan Kami Mati' yang dibentangkan pada pedagang.***




Sumber : detik.com

Posting Komentar untuk "Pedagang di Pekanbaru Gelar Aksi Imbas PPKM, Polisi Ingatkan Mediasi"