Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sempat Tak Setuju, DPRD Pekanbaru Kini Dukung Parkir Berbayar di Minimarket


BERITAPEKANBARU.NET-Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Fathullah berubah sikap soal kebijakan parkir berbayar di minimarket. Pernyataan itu disampaikan setelah ada hearing DPRD dengan Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Setelah mendengar hearing tadi, semua dijelaskan pihak pengelola dengan Dinas Perhubungan. Kontrak menguntungkan PAD (pendapatan asli daerah) kita," kata Fathullah, Senin (20/9/2021).

Terkait protes masyarakat yang keberatan bayar parkir, Fathullah mengaku tidak jadi persoalan. Sebab, selama ini minimarket seperti hanya bisa menyetor Rp 200/bulan.

"Jadi masalah Alfamart dan Indomaret itu mereka mampu bayar 200 ribu per bulan. Sementara pengelola bisa membayar Rp 2 juta lebih, mana yang kita untungkan," kata Fathullah.

Fathullah menilai minimarket itu memberikan service parkir gratis pada masyarakat pakai dana pemerintah kota. Sebab, dalam sehari saja juru parkir dari Dinas Perhubungan bisa mendapat Rp 400 ribu per hari.

"Berarti selama ini Alfamart dan Indomaret menservis masyarakat duit pemko yang diolahnya. Kenapa? Sehari jukir Dishub itu mendapatkan Rp 400 per hari," katanya.

Dukungan terhadap kebijakan parkir berbayar disampaikan politisi Gerindra tersebut setelah menerima audiensi. Dia mengaku terkait minimarket yang sudah bayar pajak tak masalah dipungut retribusi.

"Kemarin saya tidak setuju, setelah mendengar maka kita mendukung. Alfamart dan Indomaret ini bayar per bulan, bukan per tahun. Kalau sangat menguntungkan masyarakat ya tidak masalah," ujarnya.

Terakhir, ia meminta Bapenda dan Dinas Perhubungan untuk koordinasi terkait penarikan PAD. Termasuk soal tiket dari juru parkir untuk masyarakat.

"Kalau bisa koordinasilah dulu. Kita tidak ada mengatakan parkir itu digratiskan, tapi kita minta Dishub jangan terlalu memberatkan masyarakat itu saja yang kita minta. Kasih tiket dari jukir, sekarang kan tidak ada tiket," katanya.***

Posting Komentar untuk "Sempat Tak Setuju, DPRD Pekanbaru Kini Dukung Parkir Berbayar di Minimarket"