Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemko Pekanbaru Bersihkan Jalan Agus Salim, Masih Ada Pedagang yang 'Ngomel'


BERITAPEKANBARU.NET-Pedagang di Jalan Agus Salim kembali ditertibkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Senin (27/12/2021). Saat pembersihan, masih ada pedagang yang ngomel saat petugas membersihkan menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Penertiban persuasif itu dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil. Asisten I Syoffaizal juga hadir. Kemudian Kepala Disperindag Ingot Ahmad Hutasuhut, Kepala Dinas PUPR Indra Pomo Nasution, serta Kepala DLHK Hendra Afriadi.

"Kita ada petugas Damkar membersihkan trotoar, nanti juga ada petugas kebersihan, untuk pembersihan sampai ke Jalan Cengkeh nanti," kata Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (27/12/2021).

Pedagang sudah dipersilahkan untuk masuk ke Pasar Rakyat dan Pasar Inpres. Pedagang juga bisa berdagang sesuai regulasi. "Kita hanya berikan waktu sampai sesuai regulasi, mulai dari subuh sampai jam 08.00 WIB, silahkan pakai pedestrian, tetapi setelah itu siap-siap untuk pembersihan. Bagi yang berdagang, di Pasar Rakyat itu bisa 24 jam, karena kalau di Agus Salim akan dibagi 3 zona waktu," jelasnya.

Seperti diketahui, zonasi waktu di Jalan Agus Salim terbagi dalam Zona pertama sesuai fungsi jalan itu sebagai tempat melintas atau pedestrian dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kawasan itu harus kosong atau bebas dari pedagang agar pengendara dan masyarakat yang melintas bisa menggunakan ruas jalan tersebut.

Zona kedua yakni pukul 17.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB. Pada jam ini jalan bisa dimanfaatkan sebagai lokasi bagi pelaku UMKM. Pedagang bisa menggunakan ruas jalan ini untuk pelaku usaha kuliner dan industri kreatif. Kawasan itu jadi ruang untuk membangun perekonomian.

Kemudian zona ketiga yakni pukul 01.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB bisa digunakan oleh pedagang tradisional yang kini jualan di sana. Ia mengingatkan agar tidak ada kios liar. Diakuinya, saat ini banyak kios di lokasi yang mestinya jadi pedestrian.

Saat penertiban itu, tim meminta pedagang yang masih berjualan di sepanjang trotoar Jalan Agus Salim agar pindah ke tempat relokasi. Dua pasar tempat relokasi yang disiapkan pemerintah kota itu mampu menampung 210 lapak pedagang.

"Ini implementasi dari rencana pemko untuk melakukan penataan kawasan Agus Salim, kawasan Sukaramai," kata Ingot.***




Sumber : cakaplah.com

Posting Komentar untuk "Pemko Pekanbaru Bersihkan Jalan Agus Salim, Masih Ada Pedagang yang 'Ngomel'"