Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekanbaru Bakal Uji Coba Penggunaan KTP Digital


BERITAPEKANBARU.NET-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru, bakal menerapkan penggunaan Kartu Tanda Pengenal (KTP) Digital.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita mengatakan, hal ini seiring terpilihnya Kota Pekanbaru menjadi satu dari 58 daerah yang menerapkan KTP Digital. Disdukcapil Pekanbaru berencana memulai penerapannya pada tahun 2022 ini. 

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sudah menjadikan Kota Pekanbaru sebagai satu kota yang bakal memulai penerapan KTP Digital. KTP digital berbeda dengan KTP fisik saat ini.

"Jadi KTP digital bukan KTP fisik warna biru itu lagi. KTP digital ini berbeda dari yang saat ini," ujar Irma Novrita, Minggu (13/3/2022).

KTP Digital ini guna mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik. Nantinya KTP Digital bisa disimpan melalui smartphone dan menggunakan barcode. Berbeda dengan yang saat ini harus dicetak lebih dulu. 

Irma menyebut bahwa penerapan KTP digital sebagai salah satu inovasi. Ia menyebut penerapannya bakal dilakukan secara bertahap dan kini memasuki tahap uji coba. 

"Saat ini sudah uji coba internal saja, belum ke masyarakat. Kita berharap sebelum Mei bisa diluncurkan, maka kita koordinasikan ke Jakarta, karena aplikasi KTP digital masih pembenahan," jelasnya.

Irma menyebut, seiring uji coba peluncuran KTP Digital, pihaknya bakal mengevaluasi layanan di Disdukcapil Kota Pekanbaru. Irma mengatakan, saat ini untuk pelayanan di MPP Dukcapil yang masih dikeluhkan oleh masyarakat adalah sulitnya untuk masuk ke sistem layanan online Dukcapil. 

Menurutnya, hal ini akan menjadi perhatiannya untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Agar masyarakat bisa dengan mudah mengakses layanan Disdukcapil secara online. 




Sumber : riauaktual.com 

Posting Komentar untuk "Pekanbaru Bakal Uji Coba Penggunaan KTP Digital"