Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tablet, pengganggu waktu tidur remaja sekarang

Remaja merupakan sekelompok usia dimana mereka selalu ingin terlihat keren dan tidak ketinggalan jaman termasuk dengan urusan gadget atau teknologi. Sehingga adalah hal yang jamak dimana Anda melihat seorang remaja yang tidak bisa dipisahkan dari alat teknologi yang mereka miliki. Menghabiskan waktu bahkan 24 jam dalam sehari dengan teknologi bukanlah hal yang luar biasa bagi mereka.

Tentu saja, hal ini mampu memberikan dampak yang negatif bagi diri mereka termasuk dengan urusan kesehatan. Sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan fakta yang mengejutkan bahwa ternyata remaja yang keseringan menggunakan tablet, ponsel, atau televisi memiliki kualitas tidur yang rendah.

"Menghabiskan waktu untuk browsing, menonton video, chatting, dan bermain menggunakan tablet adalah hal yang sangat mengasyikkan. Para remaja pun akan selalu bersentuhan dengan tablet atau gadget yang mereka miliki bahkan hingga sebelum tidur. Tentunya keasyikkan ini akan membuat mereka lupa untuk beristirahat. Hasilnya, bisa ditebak bahwa kualitas tidur yang menurun akan membuat kualitas kesehatan mereka menurun termasuk dengan kesehatan mental hingga kemampuan untuk bersosialisasi," terang Dr Mari Hysing, peneliti dari Uni Research Health, Bergen, Swedia ini.

"Sebagai contoh, mereka yang menghabiskan waktu lebih dari 2 jam untuk chatting membuat waktu tidurnya berkurang hingga hanya 5 jam dalam sehari. Sementara mereka yang multi-tasking dengan menggunakan lebih dari 2 gadget seperti televisi dan ponsel, juga akan mengalami sulit tidur karena perhatian mereka tersita."

Dia menambahkan, "Sudah selayaknya para orang tua membatasi waktu yang buah hati mereka habiskan untuk bermain gadget. Jangan sampai kesehatan tubuh buah hati terganggu karena gadget."

Posting Komentar untuk "Tablet, pengganggu waktu tidur remaja sekarang"