Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HEBOH, "TEKA-TEKI FOTO KUCING DI TANGGA, NAIK ATAU TURUN" ?

MOHHAMMADNOER.COM - Gara-gara foto ini jagat media heboh. Banyak netizen berdebat 'panas' soal mana jawaban yang benar. Jika diperhatikan..

Terkadang, sebuah objek dalam foto dapat menimbulkan ilusi optik bagi yang melihatnya. Apalagi jika sudut pengambilan foto tersebut sangat tepat, seimbang dan pas. Sehingga manakala orang memandang foto tersebut, mereka yang berpikir, akan menemukan sesuatu yang menarik dalam foto itu.

Berbicara tentang ilusi foto, belum lama ini dunia maya dihebohkan dengan munculnya sebuah foto kucing yang berada di tangga. Sekilas memang tidak ada yang spesial dengan foto itu. Namun, saat diperhatikan dengan seksama, dan terlontarlah sebuah pertanyaan yang menjebak, “ke arah manakah kucing dalam foto itu melangkah, naik tangga? Atau, turun tangga?”

Sebelum menjawabnya, silahkan Anda perhatikan foto di bawah ini terlebih dahulu:

Jika diperhatikan, memang foto kucing diatas bisa sangat menjebak. Apalagi dengan warna latar belakang yang polos kosong, sehingga membingungkan apakah yang di belakang kucing itu lantai, ataukah langit-langit.
Dari sinilah, kehebohan pun akhirnya muncul. Karena sebaris pertanyaan itulah, membuat foto yang semula tidak begitu spesial menjadi heboh di dunia maya. Awalnya foto itu pertama kali diunggah di situs 9gag.com. Lalu, beberapa komentar pun muncul memperdebatkan arah langkah kaki kucing itu. Ada yang dengan yakin mengungkap kucing tersebut melangkah turun, namun tidak sedikit juga yang menyatakan kalau kucing itu sedang menaiki tangga.

Dalam hal ini, saya pun jadi ikut tertarik untuk memecahkannya, sedari pertama kali saya melihat foto itu, sebenarnya jawabannya bisa langsung ditemukan dengan mudah. Itu jika kalian benar-benar memperhatikan setiap sudut objek anak tangga dalam foto itu. Dan hanya dalam beberapa detik saya sudah cukup mantap menjawab bahwa “KUCING ITU SEDANG MENURUNI TANGGA”.

Dari mana saya punya jawaban itu?

Cukup mudah, coba saja Anda perhatikan anak tangganya. Disitu jelas sekali terlihat ada struktur yang tampak menonjol di bagian tepi tangga. Jika kucing itu menaiki tangga. Lalu, apa Anda tidak merasa aneh dengan tonjolan di tepi anak tangga itu, apakah itu tidak akan mengganggu orang yang lewat tangga? Dari sinilah saya punya kesimpulan bahwa tonjolan yang ada ditepi anak tangga itu bukanlah berada di bagian atas yang harus dipijak, melainkan ada di bagian tepi anak tangga. Dari sinilah saya menyatakan bahwa kucing itu sedang menuruni tangga.

Setelah itu saya coba searching di google, dan menemukan sebuah foto yang memberikan gambaran yang sama persis dengan foto kucing berjalan itu. Baik struktur anak tangganya juga sepertinya kucingnya pun sama persis, mungkinkah kedua gambar tersebut dalam lokasi yang sama? Coba Anda bandingkan dengan gambar di bawah ini. Perhatikan anak tangganya! Sudah jelas sekali bukan???



Namun, selain dari anak tangga, jawaban juga bisa kita temukan dari si kucing sendiri. Bagi yang punya kucing di rumah, pasti setidaknya akan tahu apa saja kebiasaan kucing saat naik tangga, dan saat menuruni tangga. Ketika kucing menuruni tangga, ekornya akan terangkat ke atas, hal ini membantunya untuk menjaga keseimbangan. Sedangkan ketika naik tangga, kucing akan membiarkan ekornya mengarah ke bawah. Perhatikan gambar berikut:



Nah, sudah terjawab bukan? Jawabannya, “KUCING ITU SEDANG MENURUNI TANGGA”
Sumber : penghuni60sains.blogspot

Posting Komentar untuk "HEBOH, "TEKA-TEKI FOTO KUCING DI TANGGA, NAIK ATAU TURUN" ?"