Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada 8 Hal Yang Bikin Acara Pernikahan di Indonesia Itu Ribet

mohhammadnoer.com - Acara pernikahan harusnya jadi hari bahagia bagi kamu dan pasangan. Tapi jangan pikir kamu bisa melewati hari tersebut dengan mulus. Banyak keribetan yang terjadi di hari bahagiamu itu. Berikut beberapa hal yang bikin keribetan itu terjadi:

1. Orang tua 
Orang tua yang minta kamu supaya cepet nikah. Orang tua juga yang pengen di nikahan kamu ada ini ada itu, banyak banget maunya deh. Kamu yang mau nikah, mereka yang paling ribet sedunia. Seakan-akan yang nikah itu mereka. Beginilah konteksnya jika acara pernikahan itu menyangkut gengsi orang tua, apalagi kalo mereka pun turut membiayai. Maka bersyukurlah jika kamu bisa menentukan dengan leluasa segala sesuatu dalam acara pernikahanmu, dan yang teramat penting, mandiri dengan biaya sendiri. Bakal tetep ribet sih, tapi yaudah terima aja. Itu tandanya mereka masih peduli sama kamu.

2. Adat IstiadatIndonesia adalah negara yang penuh dengan keragaman suku bangsa. Masyarakatnya masih menganut nilai-nilai kesukuan yang teramat tinggi. Sebuah acara pernikahan gak bisa lepas dari adat. Satu pertanyaan yang sering banget terlontar adalah: nikahannya pake adat apa? Satu hal yang bikin calon pengantin pusing tujuh keliling mempersiapkannya. Belom lagi kalo acara adat suku tersebut ribetnya minta ampun, kayak suku dominan yang berasal dari Sumatera Utara sana. Lemesin aja dah.

3. Tekanan Sosial 
Biasanya ini muncul setelah kamu dan calon pasanganmu datang ke acara nikahan orang lain dan berbicara (dengan orang lain juga) tentang berbagai rencanamu di akad dan resepsi nanti. Kemudian muncullah sejumlah perbandingan dan masukan yang ujung-ujungnya bakal memberatkan kamu. Contohnya makanan harus yang gimana, enak atau kagak. Tapi ada uang ada barang. Sementara bujet kamu pas-pasan. Belom lagi harus ada photobooth gak, suvenir pernikahannya mau ini atau mau itu. Banyak banget hal-hal yang muncul dan memberatkan karena adanya tekanan sosial yang kasat mata ini. Maka bergembiralah jika kamu dan pasangan sedari awal udah jelas maunya apa dan sesuai dengan bujet yang ada.

4. Booking Tempat dan Katering 
Sulitnya nyari tempat nikah di kota-kota besar, terutama Jakarta. Kamu udah netapin tanggal segini, eh tempat yang kamu pengen malah udah di-booking duluan sama orang lain. Jadi bingung kan, tetep di tanggal itu dan nyari tempat lain (yang belom tentu sesuai selera) atau geser tanggal tapi di tempat yang diidam-idamkan dan (lagi-lagi) sesuai dengan bujet yang ada. Belom lagi nyusun daftar makanan, harus apa aja. Belom lagi kalo tempat yang kamu pengen ternyata berafiliasi dengan katering yang makanannya kamu gak doyan. Belom lagi kalo kamu sebenarnya belom pengen nikah tapi si dianya yang pengen banget, aaargghhh..

5. Harus WeekendDijamin kalo kamu bikin acara nikahan yang gak akhir pekan, nikahanmu bakal jadi yang tersepi di dunia, setidaknya di lingkungan sosialmu. Kalo emang konsep yang kamu pengen nikahan kecil-kecilan dan sepi, ya gak apa-apa. Tapi emang kamu pernah nemuin acara nikahan yang bukan akhir pekan? Kalopun ada jarang banget kuadrat. Kenapa gak sekalian nikah di Vegas aja biar gampang terus langsung bulan madu?

6. Tanggal Bagus 
Di mana ada tanggal bagus, di situ pula banyak kondangan. Belom lagi kalo kamu orangnya percayaan primbon gitu (sebenarnya sih gak percaya, cuma ada paksaan keluarga dan adat). Belom lagi jika ngelihat poin nomor 4, harus menyesuaikan ini itu. Puyeng, pak. Makanya siapa suruh nikaaahhh......

7. Prestise 
Jika di poin nomor 3 MBDC ngejelasin tentang segala sesuatu atau hal-hal yang kamu rencanakan ada di nikahan yang erat kaitannya dengan status sosial, maka di poin ini maksudnya lebih ke diri sendiri. Misalnya, jika kamu seorang dokter dan pasanganmu adalah pekerja kreatif macam penulis MBDC, jadilah status sosial kalian berdua bahan omongan utama para hadirin yang (gak) terhormat. Mulailah terjadi perbandingan. Tapi kalo dokter nikah dengan sesama dokter atau profesi bergengsi macam pilot, maka para hadirin bakal ngasih dua jempol. Brengsek sih emang. Tapi itulah realita yang terjadi dalam masyarakat kita.

8. Perbedaan Umur 
Bedanya bukan setahun dua tahun, tapi jauh banget deh kayak Syekh Puji dan istri bocahnya. Dijamin kamu bakal jadi omongan para hadirin yang gak brengsek. Kalo begitu, coba pikir dikit, apakah dirimu yang brengsek?

Lagi-lagi emang cuma kamu dan pasangan yang dapat membatasi keribetan dan itu tergantung kalian, apakah kalian pasangan yang ribet?

Tapi emang hal-hal di atas gak bisa dilepaskan dalam mempersiapkan sebuah pernikahan dan ribetnya emang setengah mampus. Kalo begini caranya, coba pikir-pikir lagi, apakah kalian udah siap menikah? Kalo udah siap harusnya gak usah banyak ngeluh dong tentang berbagai keribetan di atas. MBDC sih belom siap, makanya ada artikel ini


By:Angelina Donna

Posting Komentar untuk "Ada 8 Hal Yang Bikin Acara Pernikahan di Indonesia Itu Ribet"