Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Terbebas Dari Rasa Nyeri dan Kram Perut Saat Menstruasi

mohhammadnoer.com - Menstruasi adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada setiap wanita. Walaupun sudah dipastikan datang setiap bulan, menstruasi terkadang disertai dengan rasa tidak nyaman seperti nyeri dan kram pada perut. Tentu kondisi ini bisa mengganggu aktifitas anda.

Jika anda termasuk yang sering mengalami hal seperti ini, coba lakukan beberapa tips berikut untuk mengurangi rasa nyeri dan kram saat menstruasi :

1. Konsumsi air gula dan asam jawa
Ketika anda merasakan nyeri serta kram yang luar biasa, cobalah ambil beberapa asam jawa kemudia campur dengan gula yang diseduh dalam air panas. Asam yang mempunyai sifat anti nyeri di dalamnya bisa mengurangi rasa sakit akibat datang bulan yang anda alami.

2. Kompres dengan air panas
Ketika anda datang bulan dan merasakan nyeri luar biasa pada perut, cobalah gunakan air panas lalu taruh dalam botol kaca. Gunakan botol kaca yang berisi air panas tersebut untuk mengompres perut anda. Rasa panas akan membuat perut anda nyaman.

3. Berolahraga
Saat datang bulan anda mungkin akan merasa malas melakukan hal apapun, terlebih jika perut terasa nyeri. Tapi jangan salah, dengan berolahraga akan membuat peredaran darah anda lancar, sehingga anda bisa terbebas dari nyeri perut. Usahakan untuk melakukan olahraga yang ringan - ringan saja.

4. Kurangi konsumsi garam
Bebebrapa hari sebelum datang bulan, terkadang anda akan secara impulsif banyak mengonsumsi camilan. Dan ironisnya, camilan tersebut banyak yang mengandung garam. Cobalah hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam seperti itu, karena bisa membuat kram perut saat datang bulan.

Itulah beberapa tips untuk mengurangi rasa nyeri dan kram saat menstruasi. Jika rasa nyeri yang anda rasakan tidak kunjung mereda, lebih baik anda segera memeriksakannya pada dokter, sebab bisa jadi hal tersebut merupakan gejala endrometriosis. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Tips Terbebas Dari Rasa Nyeri dan Kram Perut Saat Menstruasi"