Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lewat Twitter, Gunakan Hastag #TerimaKasihIndonesia Sindiran Warga Malaysia dan Singapura

mohhammadnoer.com - Kabut asap dari Indonesia memang merembet hingga ke wilayah Singapura dan Malaysia. Pengguna twitter kedua Negara tersebut menggunakan #TerimaKasihIndonesia atas datangnya kabut asap ke wilayah mereka.

Berikut beberapa kutipan kicauan dari akun @amirulzafran “Selain mengklaim seni tradisional atau nilai budaya kami, tolong klaim juga kabut asap kalian Indonesia”

Akun @drewsomnia “”#TerimaKasihIndonesia telah membuat hari-hari kami berkabut!!! dan (terima kasih) telah menjadi egois!! dan juga membuat banyak anak-anak pergi ke rumah sakit. Terima kasih!”

Sindiran pedas lainnya keluar dari akun miliki @AserapSebeng, “#TerimaKasihIndonesia karena Anda memberikan kami, Malaysia dan Singapura, sebuah pemandangan musim salju,”

Tanda pagar (tagar) tersebut rupanay telah digunakan mulai Jumat (11/9). Sampai hari ini tagar telah digunakan kurang lebih 12.000 kicauan.

Tak hanya menyindir lewat #TerimaKasihIndonesia. Warga Singapura juga menciptakan meme yang menggambarkan aksi Godzilla, Gundam, dan Ultraman di sepanjang jalan Singapura yang diselimuti kabut. Tak pelak aksi tersebut menuai reaksi jenaka.


Hingga kini pemerintah Indonesia belum memberikan sanksi yang tegas terhadap pelaku pembakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Riau yang memiliki titik api cukup banyak hingga kondisinya dinyatakan cukup darurat asap. Sedangkan di Kuala Lumpur dan daerah lain di Malaysia telah menutup sekolahnya. Untuk warga Singapura diinstruksikan untuk mengurangi aktivitas luar ruangan.

Sebenarnya protes keras sudah dilakukan warga Indonesia. Melalui media social mereka mengungkapkan kekesalannya kepada pemerintah. Mereka memakai #melawanasap di media social. Sampai saat ini #melawanasap telah digunakan mencapai 55.000 kali.

Salah satu video menjadi viral di media social. Video berisi tentang pemandangan Kota Pekanbaru yang cukup berkabut.

Perlawanan erhadap pemerintah juga dilakukan oleh beberpa komikus dan kartunis. Mereka melawan pemerintah dengan menyindirnya. Pemerintah dianggap tidak tegas memberantas aksi pembakaran hutan. Para seniman tersebut menuangkan sindirannya melalui komid di Instagram dan twitter.

Semoga pemerintah segera beraksi memadamkan api. Agar kabut asap tak makin menyebar ke wilayah Indonesia maupun ke Negara tetangga.

Posting Komentar untuk "Lewat Twitter, Gunakan Hastag #TerimaKasihIndonesia Sindiran Warga Malaysia dan Singapura"