Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Hadapi Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

mohhammadnoer.com - Peraturan tentang pelecehan seksual di lingkungan kerja di Indonesia mungkin belum sebaik negara-negara maju. Begitu juga dengan sosialisasi dan implementasinya di antara para karyawan.

Tak jarang kita terjebak dalam situasi yang sebenarnya dapat dikategorikan sebagai pelecehan, misalnya guyonan vulgar yang membuat kita merasa malu atau tersinggung. Namun kita tidak yakin bagaimana harus menanggapinya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika mendapatkan perlakuan tak menyenangkan dari lawan jenis di kantor.

Tunjukkan kalau kamu merasa keberatan

Jangan cuma bisa diam saat menghadapi perlakuan yang tidak menyenangkan dari lawan jenis di kantor. Biarkan mereka tahu kalau kamu merasa keberatan dengan lelucon sensual yang dia atau mereka tujukan padamu.

Sah-sah saja kalau kamu tidak ingin bersikap kasar dengan memberikan teguran keras. Mungkin kamu tidak ingin dianggap tak punya selera humor atau terlalu kaku. Tetapi kamu tetap harus mengingatkan kalau guyonan mereka sudah melebihi batas.

Jangan menoleransi interaksi fisik yang tidak diinginkan

Mungkin salah satu rekan kerja cuma menepuk punggung atau menyapukan tangan ke lenganmu. Tindakan seperti itu memang bisa dianggap interaksi fisik biasa, hanya jika kamu merasa nyaman dengan tindakan itu.

Jika kamu merasa terganggu, mintalah kepada mereka untuk berhenti melakukannya. Kamu yang berhak menetapkan batasan dalam bergaul dengan rekan kerja.

Jangan terlibat dalam percakapan vulgar
Setiap orang yang kamu temui di tempat kerja memiliki selera humor yang berbeda-beda dan guyonan bernada cabul biasanya salah satu yang paling bisa meramaikan suasana.

Tetapi sebisa mungkin jangan menanggapi percakapan seperti ini. Bukan berarti kamu layak diperlakukan tak pantas hanya karena ikut menikmati guyonan vulgar.

Tetapi kadang orang lain akan menafsirkan 'reaksi positif' yang kamu tunjukkan sebagai tanda kalau kamu merasa nyaman dengan lelucon nakal dan tidak keberatan jika mereka mengarahkan komentar cabul kepadamu.

Ajukan keluhan secara resmi

Jika pelecehan yang kamu alami sudah lebih dari 'sekadar' lelucon tak pantas atau sentuhan yang tidak diinginkan, buat pengaduan resmi ke HRD atau atasan.

Kantor tempatmu bekerja pastinya memiliki regulasi tertulis mengenai pelecehan seksual di lingkungan kerja.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika mendapatkan perlakuan kurang pantas dari rekan kerja.

Posting Komentar untuk "Trik Hadapi Pelecehan Seksual di Tempat Kerja"