Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesjid Agung Madani Islamic Center Rohul Terbaik Nasional

mohhammadnoer.com - Dari hasil penilaian masjid terbaik oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) sebulan lalu, Masjid Agung Madani Islamic Center di Kota Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, ditetapkan menjadi Masjid Terbaik di Indonesia tahun 2015.

Informasi Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rohul, Drs. H Ahmad Supardi Hasibuan MA mengaku, Masjid Agung Madani di Kawasan Islamic Center jadi masjid terbaik di Indonesia tahun ini, diketahuinya berdasarkan pemberitahuan Kemenag RI yang dikirim melalui email.

Sesuai keputusan Dewan Penilai Masjid Agung Percontohan Nomor 01/DPM.MA/XI/2015, terkait penetapan Masjid Agung Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2015, yang diketuai Prof. Dr. H. Ahmad Satori, Masjid Agung Madani Rohul, meraih terbaik dari kategori Masjid Agung Percontohan Paripurna di Indonesia dengan nilai 90,28.

Sementara, pada posisi kedua ditempati Masjid Baiturrahman Provinsi Jawa Timur dengan nilai 88,77, dan posisi ketiga ditempati Masjid Dr. Wahidin 8 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sedangkan di kategori Masjid Agung Percontohan Idarah atau Administrasi, juara pertama, Masjid Sindenreng Rappang Sulawesi Selatan, disusul Masjid Nurul Falah Sulawesi Barat, dan Masjid Baitul Hikmah Kalimantan Timur.

Kategori Masjid Agung Percontohan Imarah atau Kemakmuran, Masjid Baitussalam DKI Jakarta menempati posisi pertama, disusul Masjid Al-Mukarram Amanah Kalimantan Tengah, dan Masjid Nurul Huda di Provinsi Bali.

Sementara, di kategori Masjid Agung Percontohan Riayah atau Pemeliharaan dan Kebersihan, Masjid Agung Sibolga di Provinsi Sumatera Utara, jadi yang terbaik, disusul Masjid Agung Brebes Jawa Tengah, dan Masjid An-Nur Sulawesi Tengah.

“Ini sebagai bukti keseriusan Pemkab Rohul dan Bupati Achmad, dalam memakmurkan masjid di Negeri Seribu Suluk dengan beragam program keagamaan di Masjid Agung selama ini,” terang Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi juga mengakui, bahwa prestasi yang sudah diraih oleh Masjid Agung Madani Rohul sebagai Masjid Agung Percontohan Paripurna, sudah meliputi penilaian kategori Idarah, Imarah, dan Riayah.

“Bila Idarah dari sisi Administrasi Masjid, Imarah soal Kemakmuran, dan Riayah Pemeliharaan dan Kebersihan. Jadi tiga penilaian ini sudah dipegang oleh Masjid Agung Madani Rohul,” sebutnya.

Ahmad Supardi menambahkan, dengan ditetapkannya sebagai Masjid Agung terbaik Nasional di Indonesia, Masjid Agung Madani menerima hadiah berupa vacuum cleaner seharga Rp20 juta dari Kemenag RI.

“Bukan hadiahnya yang menjadi patokan, namun marwah Masjid Agung Madani Islamic Center Rohul juga sudah diakui di tingkat nasional,” sebut Ahmad Supardi, yang juga pernah menjabat Humas di Kantor Wilayah Kemenag Riau.


Posting Komentar untuk "Mesjid Agung Madani Islamic Center Rohul Terbaik Nasional"