Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Hias Indoor Busuk? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya


MOHHAMMADNOER.COM-Menempatkan dan merawat tanaman hias di dalam ruangan atau tanaman hias indoor bukan berarti tanaman tersebut akan bebas penyakit. Hal yang tidak disadari bahkan bisa membuat tanaman hias di dalam ruangan mati. Salah satunya adalah kebusukan akar tanaman atau root rot, yakni ketika warna akar berubah menjadi gelap dan lembek, karena terlalu banyak air. 

Busuk akar biasanya terjadi jika tanaman disiram air tanpa drainase yang baik. Tanah kadang-kadang bisa menjadi padat, yang menghentikannya untuk mengeringkan dengan benar dan dapat membuat akar tanaman kelaparan, menyebabkan busuk akar. 

Tanaman hias dengan akar busuk mungkin tampak seperti sesuatu yang terlalu sulit untuk ditangani, tetapi sebenarnya tidak terlalu sulit, dan Anda mungkin sudah memiliki apa yang Anda butuhkan di rumah. 

Dilansir dari Nine News, Sabtu (13/2/2021), sebelum Anda membuang tanaman yang akarnya busuk, ambil sebotol hidrogen peroksida. Bahan kimia ini bisa bekerja secara ajaib pada tanaman yang sakit. 

Cara kerjanya adalah bahan kimia dalam hidrogen peroksida membunuh bakteri penyebab busuk akar pada tanaman dan terurai ke dalam tanah untuk melepaskan oksigen ekstra untuk mendorong pertumbuhan akar baru yang sehat. 

Namun, Anda perlu mencairkannya terlebih dahulu. Campurkan satu bagian dari 3 persen hidrogen peroksida ke dalam dua bagian air, Anda dapat melakukannya di kaleng penyiram atau botol semprot. 

Ada dua cara Anda dapat menggunakan campuran ini untuk mencoba menyelamatkan tanaman Anda yang sakit. Cabut tanaman dari pot Pertama, keluarkan tanaman dari pot dengan hati-hati dan coba buang tanah sebanyak mungkin dari sekitar akar. 

Setelah akar benar-benar terlihat, tuangkan campuran hidrogen peroksida ke atas bola akar. Pindahkan tanaman ke pot berisi tanah baru yang lembab. Biarkan tanah benar-benar kering sebelum menyiram tanaman lagi. 

Siram di tempat biarkan tanah benar-benar kering di dalam penanam, kemudian sirami dengan campuran hidrogen peroksida. Ulangi proses ini sampai Anda mulai melihat tanaman Anda menjadi lebih baik.

Akan tetapi, jika Anda benar-benar tidak yakin apakah itu berhasil, Anda dapat menarik keluar tanaman dari pot dan memeriksanya. Akar yang sehat kuat dan warna putih, itulah yang ingin Anda lihat pada tanaman Anda. 

Anda juga dapat menggunakan campuran yang sama ini untuk mendisinfeksi campuran pot atau tanah sebelum menanam.





Sumber : kompas.com


Posting Komentar untuk "Tanaman Hias Indoor Busuk? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya"