Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Musim Hujan Sering Bikin Suasana Hati Galau dan Depresi ?

Sadar atau tidak, saat musim hujan atau kondisi cuaca sering mendung tebal, maka suasana hati akan berubah jadi galau, lelah, ngantuk, atau bahkan depresi. Tentu setiap orang mengalami dengan kadar perubahan mood yang bervariasi, mulai ringan hingga berat, Anda boleh mengamatinya sendiri. Seperti yang dilakukan oleh sebuah penelitian dari Jaap Denissen di 2008 silam.

Jaap Denissen menyebutkan bahwa cuaca yang berubah adalah salah satu faktor penyebab suasana hati orang berubah. Ini karena pengaruh dari tidak adanya sinar matahari yang bersinar di kala hujan atau mendung. Rasa lelah dan lemas juga efek dari jumlah paparan sinar matahari yang sedikit diterima oleh tubuh. Demikian juga depresi yang terjadi.

Hal senada disebutkan oleh profesor psikologi dari University of Vermont, Kelly Rohan. Rohan menyebutkan bahwa cuaca hujan berpengaruh pada kebiasaan tidak produktif akibat rasa lelah dan malas yang timbul. Orang cenderung malas bangun dari tempat tidur mereka untuk beraktifitas.

Dilansir oleh laman CNN Indonesia dari Accu Weather, kurangnya serotonin menentukan suasana hati seseorang yang memicu stres dan galau. Orang juga lebih mudah merasa lelah dan malas jika vitamin D jumlahnya minim dalam tubuh.


Posting Komentar untuk " Mengapa Musim Hujan Sering Bikin Suasana Hati Galau dan Depresi ?"