Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Jalan Tennas Efendy

mohhammadnoer.com - Inalilahi wainalilahi rojiun. Salah satu putra terbaik Riau, H Tennas Efendy, meninggal dunia pada pukul 00.25 WIB, Sabtu (28/2) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSU) Arifin Ahmad, Pekanbaru, dalam usia 79 tahun. Tennas mengalami komplikasi yang cukup parah.

Sebagai budayawan, Tennas sangat dikenal di kawasan Asia Tenggara. Dia sering diundang di berbagai seminar sastra dan budaya, terutama budaya Melayu di berbagai negara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand Selatan (Pattani), Filipina, Madagaskar, hingga Belanda.

Selama hidupnya, Tennas mencurahkan perhatiannya untuk mendalami dan mengampanyekan kebudayaan Melayu kepada banyak orang. Salah satu petuah Melayu yang selalu diingat orang adalah buku Tunjuk Ajar Melayu yang ditulisnya. Buku "babon" lain yang lahir dari tangannya adalah buku Bujang Tan Domang. Dia telaten melakukan penelitian sastra lisan masyarakat Riau, dan kemudian mentranskripnya menjadi buku yang banyak dijadikan alas budaya banyak orang.

Sebelumnya kondisi kesehatan budayawan Melayu itu memburuk dan sempat dirawat di Rumah Sakit Putera Medical Center Malaka, Malaysia. Karena kondisinya tak membaik, Jumat siang ia dibawa keluarga ke Pekanbaru dan dirawat di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.
 
Almarhum Tenas Effendi rencananya akan dimakamkan Sabtu (28/2/2015) siang ini di TPU Pasir Putih Jalan Amal, Pekanbaru. Sebelum dikebumikan jenazah akan disholatkan di Masjid Al-Fadjri di jalan Pasir Putih.

Selamat jalan Putra Terbaik Riau. Semoga amal ibadah mu diterima disis allah SWT. amin.

 

Posting Komentar untuk "Selamat Jalan Tennas Efendy "