Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riau Menjadi Basis Perbaikan Akustik Masjid di Sumatera

mohhammadnoer.com -  Dewan Mesjid Indonesia (DMI) berniat membenahi akustik sound system mesjid-mesjid di Provinsi Riau. Bahkan, program pembenahan akustik di Riau, bakal jadi pilot projek untuk program serupa se-Pulau Sumatera.
Menurut Aziz, sebagai langkah pertama untuk menyukseskan program pembenahan akustik mesjid di Pulau Sumatera, lebih khususnya di Riau, pihaknya telah melatih 48 teknisi. Pelatihan teknisi dilakukan sejak hari Senin 9 Maret hingga Jumat, 12 Maret 2015 di Pekanbaru Riau.
"Pelatihan akustik masjid untuk 48 orang tim teknisi berlangsung pada Ahad hingga Kamis di Pekanbaru, Riau," ujarnya.
Selain melatih teknisis akustik, kata Aziz, DMI juga telah menyiapkan 50 armada mobil akustik mesjid. Mobil-mobil itu akan disebar di Pulau Sumatera. Para teknisi yang dilatih ini, nantinya akan dapat honor dari DMI. Selain itu biaya operasional mobil akustik, seluruhnya ditanggung dewan mesjid. Sedangkan untuk biaya material sound system, DMI yang akan menghandle-nya. Nantinya, setiap mobil operasional akustik masjid akan diawaki oleh tiga teknisi. Rencananya, 150 teknisi yang akan direkrut untuk mengawaki 50 mobil operasional akustik.
"Sampai saat ini kami telah membenahi sistem akustik di hampir 7.000 mesjid yang tersebar di Jawa dan Bali," katanya.
Aziz pun bercerita, awalnya, pilot project pembenahan akustik masjid hanya untuk 500 masjid saja. Itu pun menyasar mesjid-mesjid di kawasan Jabodetabek. Mengenai biaya, Aziz menerangkan pembenahan akustik memerlukan dana yang berkisar antara Rp 3 juta hingga 4 juta, untuk setiap mesjid. Tapi ia bersyukur, sekarang sudah 7.000 mesjid yang dibenahi akustik sound systemnya.
"Kami juga mengadakan pelatihan untuk perawatan dan etika penggunaan sound system masjid. Selain itu PP DMI juga melakukan survei dan kontrol terhadap mesjid sebelum dan sesudah diperbaiki akustiknya,'' urai Aziz.
Tidak hanya itu, DMI pun kata Aziz, akan memberikan semacam penghargaan bagi tim teknisi terbaik. Satu tim terdiri dari tiga orang. Mereka yang dinilai terbaik, akan diberangkat umroh ke tanah suci Makkah.

Posting Komentar untuk "Riau Menjadi Basis Perbaikan Akustik Masjid di Sumatera "