Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Terapi Yang Bisa Perbaiki Hubungan Orangtua dan Anak

mohhammadnoer.com - Tak ada yang pernah tahu apa yang ada di pikiran si kecil saat dia cemas, trauma atau mungkin malu. Ketidakpahaman orangtua bisa jadi alasan anak bersikap seperti itu.

Lantas apa yang bisa orangtua lakukan? Menurut Psikolog Anak dan Praktisi Theraplay, Astrid Wen, salah satu cara yang paling mudah untuk menjalin kedekatan antara orangtua dan anak adalah dengan theraplay.

"Theraplay merupakan terapi untuk membantu meningkatkan hubungan yang aman anak dan orangtua yang melalui cara bermain yang sederhana. Alatnya tidak banyak, karena semakin banyak menggunakan tubuh kita itu semakin baik," katanya saat diwawancarai Liputan6.com, Kamis (1/10/2015).

Tenang, jangan bayangkan terapi perngobatan konvensional yang kaku dan membosankan. Theraplay dilakukan dengan cara yang menyenangkan atau sambil bermain.

"Anak sendiri nanti masuk ke ruangan bermain. Terapis dan orangtua akan mendampinginya. Mereka akan diberikan waktu selama 45 menit," ujar Psikolog dari Tiga Generasi tersebut.

Astrid menyontohkan, misalnya ada anak yang tidak mau bicara di sekolah. Setelah konsultasi, anak ini ternyata merasa takut dengan lingkungan baru. Ditambah dia tidak dekat dengan orangtuanya.

Dengan theraplay, terapis juga akan melibatkan orangtua sebagai peran kunci. Bisa jadi, orangtua bersikap terlalu kaku pada anak atau gaya mendidik orangtua begitu lekat sehingga anak takut untuk bicara apalagi berhubungan dengan orangtua. Sebaliknya, orangtua merasa takut melukai anaknya.

"Lewat theraplay, terapis akan membantu memulihkan hubungan anak dan orangtua tersebut dengan sehat, aman dan menyenangkan," ujarnya.



By Fitri Syarifah

Posting Komentar untuk "Ini Terapi Yang Bisa Perbaiki Hubungan Orangtua dan Anak"